Jumat, 02 Desember 2011

Fenomena Luar Angkasa Yang Menakjubkan

7 Fenomena Luar Angkasa yang Menakjubkan

1. Dark Matter dan Dark Energy
Pengumpulan foto yang diambil oleh Hubble termasuk beberapa foto-foto yang paling rinci yang pernah diambil dari hal-hal di alam semesta kita. Dalam 20 tahun sejak diluncurkan, Hubble telah membuat hampir 100 juta gambar, membenarkan adanya lubang hitam, exoplanets, supernova, nebula, proplyds, dan baru-baru ini, keberadaan materi gelap dan energi.

2. Centaurus A
Dengan melihat jauh ke ruang angkasa, Hubble telah mampu foto masa lalu. Luar biasa, dengan bantuan Hubble, astronom telah mampu melihat apa alam semesta tampak seperti 600 juta tahun setelah Big Bang. Hal ini diyakini bahwa badai starbirth sepanjang celah debu gelap Centaurus adalah hasil dari tabrakan kekerasan. Lebih dari 100 formasi bintang telah diidentifikasi di sini, sebagian besar bintang-bintang muda dengan warna biru. Yang lebih tua, bintang lebih berkembang berada di tonjolan dari galaksi, yang juga berisi sebuah lubang hitam super masif di pusatnya yang menelan sebuah galaksi spiral yang berisi jutaan bintang.

3. Nebula Kepiting
Pada tahun 1054 M, para ahli astronomi Cina menyaksikan ledakan bintang di konstelasi Taurus. Seribu tahun kemudian, sisa-sisa ledakan lusuh bintang neutron super padat, juga dikenal sebagai supernova, masih terlihat, menyapu gas mereka berkembang pada tingkat 1.500 kilometer per detik dan berputar sekitar 30 kali per detik.

4. Antena Galaksi
Sekitar 500 tahun yang lalu, dua galaksi bertabrakan bersama untuk membentuk galaksi Antena dalam konstelasi Corvus. Mereka adalah contoh terdekat dan termuda dari fusi galaksi bersama untuk membentuk apa astronom sebut galaksi berinteraksi. Dalam proses ini, miliaran bintang dan gugus bintang terbentuk.

5. V838 Monocerotis
 
Pada awal tahun 2002, sebuah bintang kusam mengambang sekitar 20.000 tahun cahaya dari matahari, dalam konstelasi Monceros, mengalami ledakan besar yang melemparkan debu menerangi atau 'Echos ringan' ke luar angkasa, sementara membuatnya menjadi bintang terang di Sakti Way galaksi. Sejak ledakan tersebut, kecerahan jelas bintang misterius telah berubah menjadi ketidak jelasan belaka.

6. Butterfly Nebula
Juga dikenal sebagai Nebula Bug, nebula berbentuk kupu-kupu terdiri dari gas dipanaskan terdiri dari oksigen dan nitrogen, keseluruhan yang air mata melalui ruang dengan kecepatan lebih dari 60.000 kilometer per jam. Bintang sekarat di tengah tidak seperti matahari kita.

7. Eagle Nebula
Hubble mengorbit sekitar 370 mil di atas bumi. Tidak seperti teleskop sebelumnya, dapat membuat foto digital menggunakan lampu terlihat dengan mata telanjang. Dan karena itu mengorbit di atas atmosfir bumi, foto yang tidak dikaburkan oleh kabut asap, kabut atau cahaya. Untuk Jeff Hester, astronom bertanggung jawab atas foto Nebula Eagle, diambil hanya beberapa tahun setelah misi layanan pertama teleskop, gambar mewakili "pemulihan Hubble dan mimpi yang awalnya disertai peluncur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar